Jumat, 25 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan

Assalam …
Sebagai manusia ciptaanNya, tidak ada yang sempurna. Selalu ada perbedaan mendasar tentang bagaimana kita menghadapi hidup di dunia ini. Manusia juga tidak bisa hidup sendiri-sendiri, mereka berkelompok. Dan kelompok itu dinamakan keluarga. Sebagai mahluk sosial, manusia mempunya bermacam-macam kebudayaan yang berasal dari kebiasaan-kebiasaan orang terdahulu mereka yang berguna sebagai ciri khusus manusia itu sendiri. Kebudayaan di Indonesia ini sering disebut kebudayaan timur.
Dimana budaya timur ini selalu berpasangan dengan budaya luar atau barat. Di Indonesia sebelum budaya barat melebar luas kebudayaan timur sangat melekat erat di dalam tubuh warga negara Indonesia itu sendiri. Tetapi karena berubahnya jaman dan budaya baratpun melebar luas hingga ke Indonesia, masyarakat kita menjadi sedikit terpengaruhi akan budaya barat yang menetap lama di negara ini. Ini menjadikan kita lupa akan budaya yang selama ini menuntun kita hingga menjadikan negara ini maju akan kekentalan budayanya.
Perbedaan yang menonjol pada budaya barat maupun budaya timur itu sendiri, menurut saya sangatlah berlawanan arah. Seperti,contoh ; di budaya barat kita diajarkan untuk layaknya seperti orang-orang barat pada umumnya,yang sangat bebas dan terbuka untuk melakukan sesuatu. Sedangkan di budaya kita sendiri yaitu timur. Kita diajarkan untuk lebih sopan santun dalam berpakaian dan lebih mengutamakan kedisiplinan dalam bertingkah laku. Tetapi karena adanya budaya barat yang mulai merekat di pikiran masyarakat kita,menjadikan kita lupa akan norma-norma yang ada didalamnya. Dan juga karena kecerobohan kita pula, kita hampir kehilangan tradisi-tradisi yang sudah ada dari nenek moyang kita, dan kita sebagai penerus bangsa seharusnya kita menjaga dan memelihara dan juga melestarikan kebudayaan yang selama ini menjadikan kita manusia-manusia berguna bagi negara.
Sekian dari saya, maaf-maaf kata kalau ada kata-kata yang kurang berkenan..terimakasih,wassalam …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar