Jumat, 25 Maret 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Assalamu’ alaikum…
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat tidaknya itensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit bagi seseorang, atau juga sebagai langkah awal untuk mencapai kebahagiaan.
Penderitaan akan dialami semua orang, karena hal itu sudah merupakan resiko seseorang untuk hidup. Tapi terus selalu ingatlah bahwa ada penderitaan pasti ada rencana yang indah yang Tuhan simpan untuk kita. Apabila seseorang merasa menderita, dia tidak segan-segannya untuk bersikap lembek atau rapuh, tapi didalam penderitaan itu ada satu kekuatan yang selalu menjaga kita untuk tidak terlalu rapuh dan larut dalam penderitaan yang kita rasakan atau alami.
Penderitaan juga bisa muncul dari hal yang dinamakan kebimbangan. Karena apabila seseorang merasa bimbang, ia akan merasa tersiksa karena tidak dapat menentukan suatu pilihan secara pasti, dan pilihan yang mana akan ia ambil dari pilihan terbaik yang ia punya. Penderitaan juga bisa tercipta dari hal yang dinamakan kesepian. Pada saat seseorang merasakan kesepian yang amat sangat, walaupun daerah sekitarnya sangat ramai, orang itu akan tetap merasakan kesepian. Dan biasanya kesepian seseorang tercipta karena penderitaan yang mereka rasakan selalu mereka piara dengan baik dan tak pernah ada niat untuk mengakhirinya. Padahal rasa kesepian yang amat sangat dapat membuat seseorang merasa tersiksa dan makin lama mereka akan berkhayal seakan-akan khayalan mereka terwujud dengan mudahnya.
Sekian dari saya, wassalamu’ alaikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar